Minggu, 05 Oktober 2008

Pesona Abaya

Umi terbitan Mei-Juni 2001
Aku sendiri bingung, kata apa yang seharusnya dipakai untuk menyebutkan busana model begini. Ada bilang gamis, ada yang bilang abaya, atau biar simpel, bilang aja long dress, gitu ya? ;) Apapun itu, istilah abaya ini kupakai untuk mengambarkan model busana terusan satu potong yang biasa dikenakan para muslimah berkerudung lebar. Ssst, dulu aku begitu lho. ;)
Saat ini, kewajiban berbusana muslimah sesuai syariat Islam semakin disadari oleh para muslimah. Beragam gaya busana muslimah dapat ditemui di berbagai tempat di setiap kesempatan. Karena faktor kepraktisannya, sebagian muslimah lebih menyukai gaun terusan/abaya dibandingkan dengan busana setelan dua atau tiga potong.
Berikut ini, Ummi tawarkan beberapa model gaun berpola sederhana, bagi Anda yang menyukai abaya. Sedikit aksen di sana-sini akan membuat penampilan Anda jadi berbeda.
Pertama, abaya ini sebetulnya berpola sangat sederhana. Kesederhanaannya dipercantik dengan penempatan lipit memanjang dari bahu hingga kaki. Kombinasi warna serta detil pita kecil di pinggang dan lengan menjadikan gaun ini terlihat istimewa.
Kedua, abaya ini pun berpola sederhana. Sebagai aksen, tempatkan jahitan tindas kecil (ofnaisel) memanjang di bagian depan gaun mulai bahu hingga batas panggul. Ofnaisel juga dibuat di ujung lengan. Dengan demikian, penampilan abaya Anda tak lagi biasa.
Ketiga, gaya asimetris menjadi pilihan untuk gaun berikut ini. Renda berwarna kontras di sepanjang bukaan gaun dan ujung lengan sudah cukup sebagai aksen.
Keempat, gaun ini merupakan terusan dengan sedikit modifikasi pola. Garis princess kanan dan kiri dada beruung di sepasang saku dalam di daerah pinggul. Penambahan bisban isi di sepanjang garis princess, sambungan manset dan kerah akan mempercantik penampilan gaun ini.
Nah, dari berbagai alternatif yang kami tawarkan, pilihan terbaik tentu ada di tangan Anda.

Tidak ada komentar: